Friday, September 3, 2010

TATA RUANG - Agar Dinding Rumah Tampil Lebih Elok


Memiliki rumah sendiri memang merupakan suatu kebangaain tersendiri, apalagi jika rumah tersebut tampak lebih menarik jika dibandingkan dengan rumah lainnya.
            Ada banyak cara untuk membuat plesteran dinding tambak lebih elok dilihat mata. Mulai dari cara yang paling sederhana dan konvensional seperti memberikan warna polos dengan car hingga menutupnya dengan tempelan wallpaper.
            Sebenarnya dengan sedikit kreativitas, Anda bisa mengakali mahalnya pemakaian wallpaper dengan cara mengkreasikan penggunaan cat. Untuk itu, cobalah Anda menilik teknik-teknik pengecatan berikut, antara lain:
  1. Dragging. Teknik ini membentuk pola dengan tekstur bergaris. Untuk menerapkannya, diperlukan bantuan sikat atau sisir bergigi jarang untuk menciptakan tekstur tersebut. Langkah pertama, sapulah dinding engan cat yang cukup tebal dengan menggunakan kuas. Ketika cat masih agak basah, segeralah buat pola yang diinginkan dengan menggunakan sisir bergigi tersebut.
  2. Combing. Cara yang diterapkan pada teknik ini adalah menekan kuas berukuran sedang ke dinding. Hasilnya ketika sudah kering, dinding akan memiliki tekstur garis yang lebih rapat dan dapat membantu memanipulasi ruangan.
  3. ”Stempel”. Layaknya stempel pada kertas bon, teknik ini pun bisa diterapkan pada dinding. Bahkan motifnya bisa disesuaikan dengan keinginan. Bisa berbentuk kupu-kupu, bola, daun, serangga, dan lain sebagainya. Alat bantunya bermacam-macam, mulai dari kain renda, spons, plastik yang digumpalkan, atau dengan membuat cetakan dari motif kain atau gambar yang diinginkan.
  4. ”Abstrak”. Teknik ini tidak memiliki pakem yang zakelijk karena secara keseluruhan mengandalkan kemampuan kreativitas Anda. Dengan cara ini, Anda bebas berkreasi dan membuat pola sesuai keinginan. Misalnya membuat pola bunga yang cukup besar dengan sapuan kuas dan tidak perlu terlalu rapi. Sapuan-sapuan kuas itu justru akan menghadirkan tekstur tersendiri ketika kering.

Teknik-teknik ini tidak hanya mengubah tampilan dinding rumah menjadi lebih atraktif, namun juga mampu menutupi retak rambut atau permukaan dinding yang tidak rata. Yang pasti, sesuaikan pola cat tersebut dengan fungsi dan gaya ruangan.

Kompas Klasika, Jumat 4 Juni 2010

No comments:

Post a Comment

Post a Comment