Sunday, August 29, 2010

Yang Alami untuk Kamar Mandi


Ingin merenovasi kamar mandi namun terbentur harga keramik dan bak mandi yang kian melangit? Kenapa tidak mencoba bahan-bahan alami saja. Yang penting, Anda tetap dapat menikmati kamar mandi sesuai dengan fungsinya.

Fungsinya sebagai area untuk membersihkan badan setelah seharian penuh beraktivitas, kamar mandi tentunya harus menjadi area yang menyenangkan.

Bahkan bagi beberapa orang, kamar mandi berkembang fungsinya menjadi area beristirahat, membaca serta area untuk merawat kecantikan dan tubuh.

Tembikar pun jadi – Untuk menekan biaya material kamar mandi, Anda tak harus menggunakan keramik kelas satu. Fungsi keramik dapat digantikan dengan batu alam yang cantik. Warnanya pun tak harus berwarba abu-abu karena kini banyak batu polos maupun berukir yang tampil dengan warna-warna cerah seperti salem terang atau hijau.

Selain terkesan alami, penggunaan bak mandi yang selama ini didominasi oleh fiberglass dapat diganti dengan tempayan besar yang terbuat dari tembikar. Warnanya tentu saja dapat disusuaikan dengan warna batu alam pada lantai dan dinding. Namun, sebaiknya biarkan warna aslinya timbul agar terkesan unik dan alami. Jangan lupa menggunakan ciduk dari batok kelapa agar acara mandi Anda terasa lebih “segar”.

Selain bak mandi dari tempayan, Anda juga dapat mengganti wastafel keramik dengan mangkuk gerabah berukuran besar.Selain terlihat “nyeni”, material dari gerabah dan tembikar umumnya lebih murah ketimbang material dari keramik.

Untuk tempat penyimpanan handuk dan aksesori mandi lainnya, Anda dapat meletakkan lemari kayu berukuran sedang di sudut kamar mandi. Walaupun kamar mandi ini didominasi oleh material dari bahan-bahan alami, bukan berartii pantang meletakkan aksen modern di dalamnya karena bagaimana pun Anda tak dapat penghindarinya sama sekali, terutama untuk keran, closet duduk dan water heater.

Hanya saja, Anda harus terus merawat dan membersihkan tembikar atau gerabah ini untuk menghindari tumbuhnya lumut yang bisa “merusak” pemandangan. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, renovasi kamar mandi tak selalu haru mahal bukan?

No comments:

Post a Comment